Skip to main content

Kini, telah banyak manajemen rumah sakit yang ingin meningkatkan patient engagement dengan solusi patient engagement digital. Di tahun 2021, Accenture melakukan penelitian dan menemukan bahwa 30% pasien memilih penyedia layanan kesehatan baru, dan 25% beralih karena mereka tidak puas. Dari banyaknya yang beralih, 78% mengatakan bahwa adanya faktor navigasi yang buruk seperti solusi digital yang tidak memadai.

Mengutip tulisan Andriy Sambir sebagai CEO Linkup Studio pada Forbes, ia banyak mengamati bagaimana teknologi memengaruhi patient engagement. Ia membagikan apa yang harus rumah sakit gunakan dalam platformatau aplikasi  rumah sakit mereka.

Dalam artikel ini akan membahas bagaimana meningkatkan patient engagement dengan solusi patient engagement digital seperti platform atau aplikasi rumah sakit Anda. Berikut adalah 6 cara yang dapat diaplikasikan pada platform rumah sakit Anda.

Gunakan Reminder untuk Terlibat Langsung dengan Pasien

Laporan dari Accenture menunjukkan bahwa “71% orang menjadikan akses sebagai faktor penting dalam memilih penyedia layanan kesehatan baru.” Mereka menghargai aspek-aspek seperti ketersediaan janji temu, kenyamanan, pelayanan pelanggan, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan penyedia layanan melalui saluran yang mereka sukai.

Sebagai contoh, Andriy Sambir pernah bekerja dengan seorang klien yang terinspirasi untuk membuat platform digital yang memberikan pengingat rutin untuk pemeriksaan kesehatan. Ide ini muncul dari pengalamannya sendiri yang nyaris kehilangan nyawa, namun berhasil diselamatkan berkat notifikasi penilaian kesehatan gratis. Oleh karena itu, platform yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan pasien dapat mencoba pendekatan serupa. Misalnya, mereka bisa menambahkan fitur pengingat untuk jadwal minum obat, tindakan pencegahan kesehatan seperti vaksinasi dan skrining, serta tindak lanjut setelah kunjungan ke dokter.

Personalisasi untuk Layanan Spesialis

Jika rumah sakit Anda fokus pada layanan kesehatan yang lebih spesifik, pertimbangkanlah untuk membuat solusi patient engagement digital yang menawarkan rencana perawatan yang disesuaikan. Sebagai contoh, aplikasi untuk manajemen asma bisa sangat membantu. Aplikasi tersebut dapat memantau penggunaan inhaler dan faktor pemicu lingkungan, sehingga dapat memberikan saran yang lebih personal dalam mengelola asma. Penting juga untuk selalu menggunakan nada komunikasi yang penuh kepedulian dalam setiap pemberitahuan dan pesan yang dikirimkan. Hal ini dapat meningkatkan patient engagement dan berdampak positif seperti peningkatan penggunaan aplikasi dan jumlah kunjungan ke klinik.

Jelajahi Perangkat Lunak Telemedicine

Perangkat lunak telehealth dan telemedicine merupakan cara tradisional untuk meningkatkan keterlibatan pasien. Perangkat lunak ini memungkinkan konsultasi dari rumah, yang sangat membantu bagi mereka yang memiliki kendala mobilitas, tinggal di daerah terpencil, atau memiliki keterbatasan waktu. Pemeriksaan secara virtual juga dapat memfasilitasi pemantauan rutin dan penyesuaian pengobatan, sehingga mengatasi masalah waktu tunggu yang lama dan hambatan jarak.

Cara lain yang berpotensi efektif untuk meningkatkan keterlibatan pasien adalah dengan memberikan lebih banyak waktu kepada spesialis medis untuk berinteraksi dengan pasien, baik secara online maupun offline. Untuk mencapai hal ini, penyedia layanan kesehatan dapat mencari solusi yang dapat menghemat waktu spesialis. Misalnya, beberapa penyedia menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk mengotomatiskan pencatatan setelah janji temu pasien, sehingga menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk dokumentasi manual.

Pertimbangkan Solusi Berbasis AI

Kecerdasan buatan (AI) menawarkan berbagai kemungkinan bagi layanan kesehatan yang ingin meningkatkan patient engagement. Misalnya, AI dapat digunakan untuk menyediakan konsultasi yang dipersonalisasi dan chatbot yang mampu menjelaskan kondisi kesehatan kepada pasien dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Berdasarkan pengalaman Andriy Sambir, ia dan timnya telah mengembangkan solusi berbasis AI untuk manajemen kanker kulit dengan menggunakan teknologi analisis kamera dan foto. Alat ini memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan alat dan fitur kesehatan digital standar yang sebelumnya kami buat untuk klinik.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap layanan kesehatan harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menerapkan AI.

Manfaatkan Perangkat yang Dapat Dipakai

Perangkat seperti smartwatch dan fitness tracker memiliki peran penting dalam pemantauan kesehatan, diagnosis, dan dukungan pengobatan. Dengan mengintegrasikan layanan Anda dengan perangkat ini, perusahaan Anda dapat meningkatkan keterlibatan pasien.

Sebagai contoh, penelitian dari Statista memperkirakan bahwa jumlah pengguna smartwatch akan mencapai lebih dari 230 juta pada tahun 2028. Jika kita melihat ke belakang, pada tahun 2015, pemilik Apple Watch rata-rata melihat pergelangan tangan mereka 60 hingga 80 kali sehari. Karena perangkat semacam itu selalu bersama pengguna, memasukkannya ke dalam rantai interaksi Anda berpotensi untuk meningkatkan pengalaman layanan Anda secara signifikan dan meningkatkan keterlibatan pasien, memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pasien Anda lebih sering.

Sebagai contoh, jam tangan Cala Health dirancang untuk mengobati tremor yang terkait dengan penyakit tertentu. Studi tahun 2020 menemukan bahwa lebih dari 93% pengguna mengalami setidaknya penurunan kekuatan tremor sebesar 50% setelah menggunakan perangkat Cala. Efektivitas seperti ini tidak diragukan lagi dapat meningkatkan penggunaan perangkat dan keterlibatan pasien, serta kepuasan pasien.

Tambahkan Pengalaman Gamifikasi

Selain jenis dan solusi perangkat lunak yang telah disebutkan, ada satu metode yang sangat efektif dan telah terbukti berhasil dalam meningkatkan keterlibatan pasien: gamifikasi. Menurut Statista, game adalah kategori paling populer di Apple App Store pada kuartal ketiga tahun 2022.

Mengapa tidak mencoba memberikan pengalaman yang santai dan menyenangkan seperti bermain game, sambil tetap fokus pada perawatan kesehatan? Tentu saja, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti spesialisasi Anda, layanan yang ditawarkan, usia pengguna, dan minat mereka untuk dapat melibatkan pasien secara efektif tanpa membuat mereka bingung. Sebagai contoh, Mango Health sukses menggunakan strategi gamifikasi dalam aplikasinya untuk mendorong kepatuhan terhadap pengobatan dan memberikan penghargaan kepada pengguna yang minum obat tepat waktu.

Ingin meningkatkan patient engagement di rumah sakit Anda? Gunakan Solusi BitHealth Patient Channel dan Engagement. Dengan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasien dan penyedia layanan kesehatan, BitHealth dapat membantu Anda menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pasien dan secara signifikan meningkatkan tingkat keterlibatan mereka. Mulai gunakan solusi patient engagement dari BitHealth hari ini dan lihat perbedaannya. Konsultasi gratis dengan kami sekarang!

Leave a Reply