Skip to main content

Pernahkah Anda mendengar tentang transformasi digital di rumah sakit? Transformasi digital adalah strategi dan proses yang menggunakan teknologi digital untuk mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan secara drastis. Transformasi digital adalah penggunaan teknologi untuk mengubah proses analog menjadi digital. Seperti diketahui bahwa saat ini semua bidang kehidupan telah terdigitalisasi. Itu bisa mulai dari jam tangan pintar hingga asisten rumah tangga yang mendukung kecerdasan buatan.

Perkembangan teknologi khususnya transformasi digital, telah mempengaruhi sejumlah aspek kehidupan termasuk aspek kesehatan. Perkembangan teknologi di dunia kesehatan jika dibandingkan dengan sektor lain terlihat sedikit tertinggal, seperti e-commerce, e-money, dan travel.

Dalam transformasi digital, industri kesehatan harus menjadikan pasien sebagai pusat sistem pelayanan. Bagaimana cara melakukannya? Yaitu dengan mencari tahu dan menggali apa yang dibutuhkan dan diharapkan pasien. Berikut beberapa tren transformasi digital di rumah sakit:

1. Tuntutan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan yang terus meningkat
2. Pentingnya pemanfaatan big data dalam pelayanan kesehatan
3. Alat kesehatan yang dapat digunakan oleh manusia
4. Menggunakan teknologi virtual reality atau VR untuk merawat pasien
5. Analisis prediktif sebagai layanan
6. Blockchain dan rekam medis elektronik
7. Menumbuhkan Kecerdasan Buatan

Transformasi digital di rumah sakit akan memberikan manfaat jika diterapkan dengan baik. Hal ini diketahui dari hasil studi independen yang dilakukan oleh berbagai peneliti. Berikut manfaat transformasi digital di rumah sakit berdasarkan hasil penelitian:

1. Rumah sakit bisa menghemat biaya kurang lebih 30 persen, per pemeriksaan pasien. Hal ini disebabkan belum adanya film rontgen untuk mencetak hasil pemeriksaan.
2. Mempersingkat waktu tunggu pasien hingga 38 persen, karena efisiensi alur kerja.
3. Tingkatkan akurasi diagnostik sekitar 10 persen karena kualitas gambar dan pengukuran radiologis yang lebih baik.

Setelah mengetahui tren teknologi yang sedang berkembang dan manfaat sebelumnya. Lalu apa saja manfaat yang akan diperoleh konsumen atau pasien, dengan berkembangnya transformasi digital di rumah sakit? Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh pasien dari transformasi digital di rumah sakit:

1. Pasien akan diarahkan untuk mencari dokter yang tepat. Publik berhak untuk mendapatkan informasi yang detail mengenai jenis dokter yang dibutuhkan. Seperti rumah sakit mana tempat seorang dokter praktik, pengalaman medis apa yang dia miliki, dan apa spesialisasi mereka. Tentunya dengan menemukan dokter dan fasilitas kesehatan yang tepat diharapkan tingkat kepuasan pasien akan meningkat.

2. Adanya transparansi keuangan di bidang kesehatan merupakan manfaat transformasi digital di rumah sakit bagi masyarakat. Masih banyak ketimpangan dalam hal biaya kesehatan yang harus ditanggung oleh pasien. Ketimpangan di sini adalah ketika masyarakat seringkali tidak mengetahui cara mendapatkan akses layanan secara jelas ke layanan tersebut. Perbedaan nilai biaya pelayanan antar fasilitas juga menjadi masalah. Oleh karena itu, dengan adanya transformasi digital diharapkan masalah transparansi biaya kesehatan dapat teratasi dan lebih baik dalam diagnosis.

3. Interaksi harmonis yang terjadi antara pasien dan dokter, dimana industri kesehatan membutuhkan pendekatan yang berpusat pada pasien. Dengan adanya transformasi digital diharapkan dapat menjadi solusi, dimana dokter dapat menggali informasi secara mendalam tentang pasien karena masyarakat mengatakan bahwa interaksi yang berkualitas antara pasien dan dokter jarang terjadi. Ini semua diketahui karena sebuah survei yang menyebutkan bahwa hanya sekitar 20 hingga 30 persen pasien yang memiliki akses digital, untuk melakukan konsultasi medis atau hanya untuk mendapatkan pengingat elektronik. Masyarakat mendapatkan pemerataan akses kesehatan. Dengan adanya transformasi digital, maka tidak menutup kemungkinan akses kesehatan juga dapat diperoleh bahkan sampai ke masyarakat terpencil sekalipun.

4. Informasi tentang akuntabilitas suatu pelayanan kesehatan, dimana pasien dapat memberikan masukan tentang bagaimana pelayanan suatu rumah sakit. Tentunya hal ini menguntungkan bagi konsumen, sehingga mereka dapat langsung menyampaikan pendapatnya mengenai pengalamannya dengan rumah sakit tersebut.

Munculnya tren dan manfaat yang ada di era digital saat ini, seharusnya dapat membuat para pelaku industri kesehatan semakin terpacu untuk berinisiatif dan meningkatkan daya saingnya dengan terus mengikuti perkembangan saat ini dan memanfaatkan berbagai peluang di dalamnya, untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Leave a Reply