Pentingnya menghadirkan pengalaman pasien yang nyaman di rumah sakit melalui digital menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh seluruh rumah sakit.
Di era normal baru akibat pandemi dalam dua tahun terakhir, digitalisasi rumah sakit menjadi solusi efektif untuk memenuhi ekspektasi masyarakat. Yang menuntut rasa aman dan nyaman lebih dari sebelum pandemi merebak.
Digitalisasi rumah sakit harus mampu mengintegrasikan sistem manajemen gedung, AC, aset seperti peralatan medis dan layanan konsumen serta listrik. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan wawasan real-time berdasarkan data. Data ini akan membantu manajemen rumah sakit untuk membuat keputusan yang efektif dan tepat sasaran. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman terbaik dalam hal keamanan, kenyamanan, dan rasa aman bagi pasien dan keluarganya.
Sebuah studi yang berfokus pada peran teknologi kesehatan digital dalam meningkatkan pengalaman pasien, serta tenaga kesehatan dalam sistem pelayanan kesehatan. Studi ini melibatkan 15 ribu individu dan 3100 profesional kesehatan di seluruh dunia. Ditemukan bahwa hampir 80 persen dari 400 profesional kesehatan di seluruh kawasan Asia Pasifik menggunakan teknologi digital dalam berbagai bentuk. Para profesional kesehatan ini mengaku telah menggunakan teknologi kesehatan digital untuk berkonsultasi dengan praktisi kesehatan lainnya. Misalnya, menyediakan akses hasil tes medis untuk pasien, memantau pasien dari jarak jauh, konsultasi jarak jauh antara profesional kesehatan pasien, dan merencanakan perawatan atau pengobatan pasien.
Pentingnya menghadirkan pengalaman pasien yang nyaman di rumah sakit melalui digital, juga menjadi salah satu pemanfaatan teknologi digital. Tidak hanya itu, teknologi digital juga berpotensi untuk memperluas akses kesehatan yang lebih baik, untuk mendapatkan lebih banyak di daerah terpencil. Di era pandemi saat ini, digitalisasi di berbagai bidang sangat diperlukan. Salah satunya di bidang kesehatan yang berperan besar dalam memaksimalkan keselamatan, efisiensi operasional, serta menciptakan pengalaman terbaik bagi pasien dan keluarganya.
Pentingnya menghadirkan pengalaman pasien yang nyaman di rumah sakit melalui digital dapat dilakukan melalui integrasi seluruh sistem, sehingga tercipta satu bocoran data yang dapat dianalisis secara komprehensif. Serta mengambil langkah-langkah yang dapat mencegah terjadinya kegagalan, yang akan berdampak pada keselamatan dan keamanan pasien dan tenaga medis. Dalam hal pengelolaan gedung rumah sakit juga perlu mendapat perhatian yang kondusif, dimana harus dilakukan perawatan prediktif dan preventif terhadap kinerja gedung. Tidak hanya itu, tetapi juga harus lebih memberikan kenyamanan bagi pasien dengan memberikan keleluasaan dalam mengatur beberapa hal walaupun terlihat sangat sederhana. Misalnya mengatur suhu AC, penataan interior yang cantik, adanya fasilitas hiburan di ruang perawatan secara mandiri melalui perangkat mobile, serta pencahayaan yang cukup.
Pentingnya menghadirkan pengalaman pasien yang nyaman di rumah sakit melalui digital juga dapat dilakukan oleh manajemen rumah sakit. Misalnya, rumah sakit dapat mengontrol sistem AC secara berkala di seluruh ruangan untuk memastikan suhu, tekanan ruangan, kelembaban tetap terjaga. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran dan perkembangan virus di lingkungan rumah sakit. Bagaimana menjaga sirkulasi dengan baik agar bisa keluar masuk dengan baik. Dimana tentunya tetap harus sesuai dengan peraturan dan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Manfaat Digital untuk Pengalaman Pasien
1. Adanya interaksi, dimana interaksi ini terjadi antara dokter dengan pasien. Memberikan pengalaman yang membuat pasien nyaman dapat dilakukan melalui digital. Dimana diharapkan dengan perkembangan digital dapat menjadi solusi karena para dokter dapat menggali lebih jauh informasi tentang pasien. Tidak dapat disangkal bahwa industri kesehatan membutuhkan pendekatan ini, yang berpusat pada pasien.
2. Pemerataan akses kesehatan, dimana seluruh masyarakat dapat mengakses informasi kesehatan. Ini akan membuat pasien atau masyarakat lebih nyaman. Layanan digital tentunya diharapkan dapat mengutamakan kenyamanan dan kemudahan akses.
Tentunya dalam implementasi digitalisasi di rumah sakit akan banyak tantangan yang muncul dari berbagai sisi. Misalnya regulasi yang baik sebagai acuan dan pedoman, peran pemerintah untuk bersinergi, dan juga modernisasi sistem teknologi informasi. Namun, tentunya di era yang melibatkan segala jenis teknologi ini, kita juga harus terus berinovasi. Sehingga kita tidak ketinggalan zaman dan terus berusaha untuk menyehatkan masyarakat luas.