Skip to main content

     Guna mengembangkan dan memperdalam kompetensi karyawan perusahaan, BitHealth menerapkan beberapa pelatihan dan pengembangan kemampuan karyawan melalui program Learning and Development yang dinaungi oleh divisi Human Resource. Pelatihan kerja berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. 

     Umumnya, pelatihan kerja atau training dalam sebuah perusahaan selalu berhubungan erat dengan hasil kinerja karyawan di perusahaan tersebut.  Namun, BitHealth menerapkan beberapa program yang beragam yang tidak hanya memiliki manfaat pada kinerja, tetapi juga bermanfaat untuk kemampuan soft-skill masing-masing karyawan. Beberapa topik dalam penerapan training yang sudah dilakukan yaitu mengenai Communication Skill dan Leadership

     Tujuan implementasi program learning and development ini, yaitu untuk memberikan dampak yang baik pada kinerja dan kehidupan sehari-hari karyawan itu sendiri. Karyawan dapat menjadi lebih produktif dan tentu dapat lebih kompeten karena pelatihan kemampuan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian mereka menjadi lebih baik lagi, terutama dalam aspek meningkatnya rasa percaya diri. Maka dapat disimpulkan, bahwa tujuan yang ingin dicapai dari program learning and development karyawan tersebut pada dasarnya untuk mendukung kelancaran operasional, meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas perusahaan, serta dapat mengoptimalkan waktu yang digunakan untuk peningkatan skill, dan memahami tugas pekerjaan dan budaya kerja di perusahaan. 

     “Kedua materi training tersebut memang menjadi salah satu hal yang krusial untuk melaksanakan pekerjaan, baik ke klien maupun ke tim. Training leadership ini bagus untuk introduction, training komunikasi juga membahas tentang sisi karakteristik lawan bicara, sehingga kita bisa tau cara berkomunikasi dengan orang yang berbeda-beda. Overall, banyak dapat ilmu baru dan worth the time.”

– Y, Software Engineer

     BitHealth juga bekerja sama dengan beberapa vendor yang terpercaya dan sudah ahli di bidangnya. Untuk training dengan topik komunikasi dasar, BitHealth bekerja sama dengan John Robert Powers dengan nama acara The Art of Communication and Interpersonal Skills. Pemilihan pembahasan juga tidak terfokus guna meningkatkan kinerja saja, tetapi juga meningkatkan kepribadian baik secara emosional dan intelektual. Begitupun dengan training mengenai leadership, selain ingin meningkatkan komunikasi dasar, BitHealth juga ingin mengembangkan kemampuan para karyawannya dalam memimpin dan bertanggung jawab atas proyek ataupun pekerjaan yang sedang dikerjakan. BitHealth bekerja sama dengan ACT Consulting yaitu Lembaga Konsultan Pelatihan Transformasi Budaya Perusahaan & Organisasi / Corporate Culture Development Program dengan nama acara Lead Self Lead Others.

     Melalui beragam implementasi dari program learning and development yang diselenggarakan oleh BitHealth, maka dapat diketahui bahwa pelatihan atau training kerja merupakan suatu proses yang sangat penting bagi tenaga kerja dari segi kompetensi, teknis, dan juga soft-skill baik untuk pengembangan diri karyawan itu sendiri, sekaligus menyediakan pelayanan terbaik untuk klien. Itulah sebabnya, Bithealth akan senantiasa menghadirkan berbagai topik menarik dalam program learning and development yang relevan dan tepat guna mendukung pengembangan kompetensi karyawannya.

Leave a Reply